Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Thursday, October 4, 2012

Mengenal Penyakit dan tips Pengobatan Pada Ikan


Dalam memelihara hewan peliharaan pada prinsipnya sama yaitu pencegahan terhadap penyakit lebih baik dibanding mengobati.   Caranya adalah dengan menjaga ikan Anda sehat dalam lingkungan yang bebas stres,diet/ makanan bervariasi, suhu air yang stabil, parameter air yang baik, pengamatan harian yang terjadwal adalah beberapa cara untuk meningkatkan kemungkinan untuk ikan yang di pelihara tetap sehat, walaupun tetap saja pada saat-saat tertentu ikan dapat sakit.  
Beberapa jenis infeksi yang umum terjadi pada ikan antara lain: Infeksi dan bakteri, Infeksi jamur, dan Parasit Eksternal dan Internal.

Infeksi Bakteri antara lain: Spots Berdarah dan Streaks, "infeksi bakteri terlihat sebagai jamur, Fin dan Rot Tail, Popeye, penyakit insang, Jamur Mulut, Septicemia, dan borok, serta infeksi bakteri sekunder.

Infeksi jamur antara lain:  terlihat seperti gumpalan kapas putih yang tampak berserat. biasanya menjadi infeksi skunder.

Parasit internal:
Penyakit Hole-in-head dan Penyakit internal protozoa.

Parasit eksternal:
Velvet, Ich (ichtyophthirius),  cacing, dan Lintah.

Pemberian  suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih, vitamin dan suplemen mineral dapat diifungsikan sebagai terapi suportif, untuk membantu menjaga ikan Anda dalam kondisi baik dan lebih mampu melawan penyakit yang datang.

Jika ikan anda terlihat sakit segeralah isolasikan ikan anda dari ikan-ikan sehat lainnya.  Kemudian belajarlah mengenai penyakit ikan termasuk jenis ikan yang anda pelihara sebab masih jarang dokter hewan yang mau menangani pengobatan ikan.  jika sudah mendapatkan informasi dan produk yang akan dipergunakan untuk mengatasi masalah ikan tersebut, pastikan pemakaian product sesuai dengan petunjuk pemakaian dikemasan obat tersebut. Amati dan jika ikan sudah sembuh pastikan sebelum memasukkan ikan kedalam kelompoknya kembali untuk mendesinfeksi ikan tersebut untuk pencegahan awal terhadap penyakit menular.

No comments: