Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Tuesday, October 23, 2012

Anjing Kencing Disembarang Tempat


Salah satu perilaku anjing yang juga kadang menggangu pemilik anjing tersebut adalah perilaku kencing disembarang tempat.  khususnya pada Anjing yang berjenis kelamin laki-laki/Jantan,  perilaku ini lebih tinggi frekwensinya jika dibandingkan dengan anjing yang berjenis kelamin betina. biasanya mereka melakukan urinasi ini ditempat-tempat yang diduga biasa dilaluiAnjing lain sebab sifat urinasi ini adalah bentuk komunikasi antara anjing. kejadian ini akan menjadi masalah jika Anjing tersebut melakukan perilaku ini di tempat-tempat yang dapat menggangu kehidupan manusia yang berada disekitarnya.  misalnya disofa mahal, dipinggiran mobil, di ban mobil, di baju atau dilemari.

Jika terjadi hal ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghentikan perilaku tersebut.  cara-rara yang dapat dilakukan antara lain dengan shock terapi, atau dengan memelihara anjing tersebut jauh dari anjing liar atau anjing domestik yang lain, atau dengan mensterilkan anjing betina atau mengkebiri anjing jantan.  plus pengunaan cairan kimia anti perilaku urinasi anjing ini.

Cara pertama yaitu dengan shock terapi.  caranya memang kurang etis namun menurut beberapa orang yang mempergunakannya dapat berhasil.  shock terapi yang dimaksudkan disini adalah dengan menyiram anjing pada saat real time perilaku urinasi itu dilakukan anjing yang dimaksud.  siram anjing tersebut dengan air secukupnya usahakan kena terhadap anjing tersebut, idenya adalah untuk membuat kucing tersebut tidak nyaman dengan melakukan hal tersebut ditempat yang anda tidak inginkan. dibutuhkan ketelatenan sebab terapi ini harus dilakukan terus terhadap anjing setiap dia ingin urinasi di tempat yang anda tidak inginkan.

Cara lain yaitu dengan menjauhkan anjing anda dengan anjing-anjing lain.  idenya adalah dengan melakukan hal ini maka secara naluri anjing tersebut akan berhenti berkomunikasi dengan mengeluarkan urin sebab dia merasa sendiri.  Jenis pemeliharaan sendiri atau pemeliharaan soliter ini dapat di bantu dengan memelihara anjing di dalam rumah yang memiliki fasilitas pagar yang betul-betul memastikan tidak ada bau komunikasi anjing yang dapat tercium oleh anjing anda.  

Selain cara diatas dapat juga dibantu dengan tindakan medis.  perilaku urinasi ini dilakukan selain pertanda batas teritorial juga sebagai bentuk komunikasi status kelamin Anjing. Beda dengan manusia, anjing memiliki waktu-waktu tertentu untuk dapat kawin dan menghasilkan anak-anak kucing.  Dengan mensterilkan anjing maka secara otomatis akan menurunkan hormon seksual yang menjadi pendorong terjadinya perilaku ini.  biasanya tindakan ini diikuti dengan penyemprotan zat kimia pada tempat-tempat dimana anjing tersebut suka melakukan urinasinya.

No comments: