Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Thursday, October 18, 2012

Pengobatan Tradisional Untuk Ayam

Selain pengobatan dengan antibiotik yang selalu diusung oleh dunia kedokteran hewan, terdapat beberapa pengobatan yang dikenal dari dulu yang sering dipakai sebagai pengobatan yang dilakukan secara tradisional.
Beberapa bahan pengobatan yang paling sering digunakan antara lain: minyak tanah, cabe, bawang (merah/putih), kunyit, temu kunci, daun sirih, tepung kopi, daun pepaya muda, madu, telur ayam kampung, cacing tanah dan pinang muda.
Pengobatan dalam penggunaannya dapat dibagi menjadi dua yaitu pengobatan dalam dan pengobatan luar.  pengobatan dalam biasanya dilakukan untuk mengatasi penyakit atau mengatasi stress yang dirasakan oleh ayam.  biasanya yang dipergunakan adalah bahan-bahan yang menjadi antimikroba alami seperti kunyit, cabe, air rebusan daun sirih, daun pepaya muda dan bawang putih/merah. biasanya pengobatan ini memakan waktu satu minggu untuk sembuh.  sedangkan untuk mengatasi stress atau meningkatkan daya tahan tubuh (stamina) adalah dengan memberikan sumber protein seperti cacing tanah, telur ayam kampung. biasanya bahan ini di campur dengan temu kunci sedangkan untuk anti radang diberikan madu. selain fungsi diatas, pengobatan dalam juga berfungsi untuk mengurangi populasi dari parasit internal dengan mengunakan buah pinang muda.

Pengunaan obat diluar tubuh berfungsi untuk menghilangkan mikroba  mempercepat persembuhan luka dan memberhentikan pendarahan.  untuk memberhentikan pendarahan biasanya digunakan serbuk kopi yang dicampur dengan antimikroba.  dapat juga pengunaan minyak tanah dalam jumlah yang terbatas pada bagian luka.

No comments: