Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Tuesday, October 9, 2012

Litterbox kucing, susah-susah gampang (problem)

Kucing dapat dilatih dengan mudah untuk menggunakan litterbox walaupun kadang pelatih kucing yang sangat berpengalaman pun kadang-kadang menemukan kasus-kasus tertentu dimana kucing sulit untuk diajar.  kejadian ini biasanya disebabkan oleh ketertarikan lain oleh kucing akan litter box yang di tawarkan.  Misalnya kucing tersebut lebih tertarik untuk menggunakan litter box yang ada sebagai tempat bermain. kasus lain adalah kucing tersebut membuang  kotoran dan kencing mereka diluar litterbox.

Untuk hal ini ada dua hal besar yang harus diperhatikan untuk memastikan kucing tersebut dapat dengan sukarela membuang kotorannya di litter box, pertama lingkungan tempat meletakkan litterbox, litterbox itu sendiri dan kucing itu sendiri.

Dari sudut  pandang kucing itu sendiri.  pastikan kucing yang anda pelihara sehat dan tidak mengalami gangguan kesehatan.  untuk itu hubungi dokter hewan praktek kepercayaan anda.  sebab gangguan kesehatan dapat menjadi salah satu faktor yang menggangu perilaku pembuangan kotoran (defekasi) pada kucing ada.  jika ada masalah medis, segera selesaikan masalah tersebut.

Selain dari sudut pandang individu kucing itu sendiri, faktor lingkungan tempat meletakkan litterbox juga perlu diperhatikan.  perlu diketahui kucing memiliki sifat waspada alamiah sehingga untuk melakukan pembuangan kotoran tersebut diperlukan situasi yang aman, sepi, bebas dari gangguan orang atau hewan lain, namun harus diletakkan jauh dari tempat biasa kucing tersebut diberikan makanan.  biasanya kesalahan yang sering terjadi sehingga kucing tersebut enggan untik defekasi di tempat tersebut adalah mengajari kucing defekasi di litterbox yang berada dekat dengan mesin cuci, telivisi, atau dekat dengan kandang hewan lain yang dapat menggangu rasa aman yang dibutuhkan untuk kucing melakukan defekasi.

Selain faktor itu perlu juga diperhatikan keadaan litterbox itu sendiri.  kenyamanan akan kedalaman dan kebersihan serta luas litterbox perlu diperhatikan, pastikan litterbox tersebut mampu menampung kucing, sebab kesalahan yang sering terjadi adalah litterbox untuk kucing yang diberikan semenjak kucing tersebut berukuran kecil, lupa diganti pemilik sehingga ketika kucing tersebut bertumbuh besar maka litterbox yang biasa dipergunakan tidak dapat menampung kucing itu lagi sehingga defekasi dilakukan di sekitar litterbox.

No comments: