Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Sunday, September 30, 2012

Memberikan Obat pada Hewan Peliharaan

Jangan memberikan anjing Anda obat apapun sampai Anda telah berbicara dengan dokter hewan untuk memastikan itu adalah obat yang tepat untuk hewan peliharaan sesuai dengan kondisi hewan tersebut.  sebab hanya orang yang mempunyai latar belakang pendidikan kedokteran hewanlah yang mengetahui untuk memberikan obat sehubungan dengan ketepatan kegunaan dan dosis pada hewan. 
Untuk memberikan hewan peliharaan anda khususnya anjing pil atau tablet, pertama-tama buka mulut anjing dengan mendorong ibujari ke atas kulit yang berada disamping gusi anjing lakukan dengan lembut dan penuh perhatian dan perasaan,  untuk melakukan hal ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang terbiasa berinteraksi dengan hewan tersebut atau prefesional.
kemudian masukkan pil kebelakang lidah hewan dan kemudian tutup mulut anjing dan pijat lehernya sambil meniup hidung anjing tersebut sampai terasa refleks menelan. jika ada alat pembantu seperti gun tablet, dapat di gunakan.  setelah melakukan hal itu untuk meyakinkan perhatikan tindakan anjing tersebut, jika anjing tersebut menjilati hidungnya, maka pertanda bahwa pil tersebut telah ditelan.  setelah melihat anjing tersebut menjilatinya bibirnya ada baiknya memberikan air untuk diminum.   
kesalahan yang sering terjadi pada pemberisn pil atau tablet adalah pil atau tablet tersebut diletakkan terlalu kedepan sehingga hewan tersebut dapat dengan mudah memuntahkannya. selain itu, Jangan memecah pil menjadi bubuk sebab bubuk memiliki rasa yang tidak menyenangkan yang menyebabkan anjing tidak dapat menerima dengan baik apalagi pil-pil yang memiliki lapisan luar layaknya pelindung, biasanya tablet atau pil yang berlapis ini berfungsi untuk menyamarkan bahan obat yang mempunyai rasa yang tidak enak atau untuk melindungi zat berkhasiat obat tersebut untuk sampai di organ tujuan untuk maksud tertentu.
 
Cara lain adalah dengan menyembunyikan makanan tersebut di makanan kesukaan hewan anda.  Hal ini dapat dilakukan dengan membuat kecil "bakso" makanan anjing. selipkan obat didalam bakso tersebut dan biarkan anjing memakannya. ada juga dengan cara melapisi obat tersebut dengan gel yang biasa berfungsi sebagai tambahan vitamin.  obat tersebut dilapisi dengan gel ini dan diberikan ke anjing sambil mendorongkan obat tersebut kebelakang lidah.  

Memberikan obat dalam bentuk cair dapat dilakukan dalam kantong pipi antara geraham dan pipi. Sebuah botol obat, pipet atau suntikan plastik tanpa jarum dapat digunakan untuk membantu menyalurkan obat diantara gigi dan pipi. caranya adalah mula-mula tutup mulut anjing,  kemudian masukkan botol pipet atau suntikan tanpa jarum suntik yang terlebih dahulu sudah diisi dengan obat ke dalam kantong pipi. angkat dagu anjing sambil memasukkan obat, lakukan dengan berhati-hati dan penuh perhatian dan perasaan. dengan cara seperti ini anjing secara otomatis akan menelan cairan tersebut. Jika Anda harus memberikan anjing dalam jumlah besar cairan, Anda akan perlu untuk berhenti secara berkala dan memberikan waktu untuk menelan cairan itu tanpa paksaan. Jangan mencoba untuk mendorong jarum suntik penuh cairan dengan cepat ke dalam tenggorokan anjing sebab dapat masuk kedalam paru-paru yang akan berakibat fatal.

No comments: