Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Friday, September 14, 2012

Kebutaan Pada Anjing

Setiap keadaan yang menghalangi cahaya sampai ke retina akan merusak penglihatan pada anjing. Penyakit yang menyerang atau berefek pada kornea  yang tergolong kepada penyakit yang menyebabkan kebutaan.. Glaukoma, uveitis, dan penyakit retina merupakan penyebab penting lainnya dari kebutaan pada anjing.Kebanyakan kejadian kebutaan pada anjing sulit terlihat oleh pengamatan umum dari mata pemilik anjing itu sendiri. Tapi ada beberapa tanda-tanda yang dapat digunakan sebagai petunjuk bahwa seekor anjing mulai mendapatkan gangguan penglihatan. Misalnya,anjing yang biasanya berjalan dengan normal,akan mulai berjalan dengan lebih hati-hati dengan mengangkat kakinya lebih tinggi dari biasanya, sering tersandung atau menubruk benda-benda yang berada dihadapanya, kurang terhadap reaksi yang mengunakan mata juga misa menjadi salah satu pertanda berkurangnya penglihatan anjing tersebut misalnya bermain lempar bola dan hal-hal lain yang mempergunakan mata. Kebutaan normal dapat terjadi terhadap anjing tua disebabkan penurunan fungsi organ akibat penuaan selnya.

Memberikan sinar yang bercahaya terang ke mata anjing untuk menguji penyempitan pupil bukanlah tes akurat untuk kebutaan, karena pupil yang mengecil bisa berasal dari refleks cahaya saja. refleks ini tidak menandakan penurunan kemampuan mata anjing membentuk citra visual.  tapi untuk mendapat kepastian silahkan konsultasikan kejadian diatas dengan dokter hewan kepercayaan anda.
 

Diagnosis kebutaan atau kehilangan penglihatan ireversibel pada anjing bukanlah bencana yang menyebabkan anjing tersebut tidak mampu hidup mandiri . Faktanya bahwa kebanyakan anjing, bahkan  dengan penglihatan normal, tidak benar-benar melihat dengan sangat baik. Mereka sebagian besar bergantung kepada indera pendengaran dan penciuman mereka yang tajam.  Hal ini membuatnya relatif mudah untuk anjing buta untuk berkeliling di daerah-daerah yang mereka ketahui. Namun, anjing buta tidak boleh dilepaskan dalam lingkungan yang tidak dikenalnya sebab kemungkinan besar dia bisa terluka. Di rumah tempat anjing ini tinggal, cobalah untuk menghindari mempergunakan furnitur yang bergerak, karena anjing Anda akan memiliki "peta mental" di mana hal-hal yang sudah tertata di memori mereka haruslah tetap begitu untuk seumur anjing buta tersebut sampai anjing buta ini mati.
 

Penting untuk melatih anjing perintah-perintah dasar yang menandakan berhenti, tinggal di tempat, dan pangilan untuk datang ketempat yang anda inginkan apalagi sebelum anjing anda belum menunjukkan gejala penurunan fungsi pelihatan.  hal ini guna mengantisipasi apabila anjing anda terkena situasi ini maka lebih mudah untuk anjing anda mengenal kemauan anda.

No comments: