Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Saturday, December 8, 2012

Spray luka


Dalam memelihara hewan, kejadian hewan yang kita pelihara untuk terluka sering terjadi.  jika yang terjadi luka kecil, biasanya hewan tersebut dapat melakukan perawatan tersendiri.  yang menjadi masalah adalah jika luka itu besar maka akan sulit sembuhnya apalagi jika hewan tersebut liar.  untuk itu selain metode penyembuhan luka besar dengan pendekatan langsung,seperti penjahitan ada juga metode penyemprotan atau biasa dikenal dengan spray obat.  Cara melakukannya adalah bersihkan dulu luka dengan air bersih. setelah bersih baru semprotkan larutan obat .
Khusus ternak obat -obatan spray banyak digunakan untuk mengatasi luka yang terjadi.  seperti halnya masalah peternakan, banyak lalat yang kita jumpai di peternakan merupakan gangguan yang menjengkelkan, karena dapat menimbulkan penyakit dan menurunkan produktivitas. Lalat biasanya berada di kotoran dan di pakan.  keberadaan lalat ini semakin banyak, jika terdapat luka pada tubuh ternak. Jenis lalat rumah (Musca) yang memakan darah, sering membawa bakteri yang menyebabkan infeksi dan memperlambat proses penyembuhan luka tersebut. Jenis lalat yang paling merugikan adalah lalat Chrysomia Screw-Worm yang banyak ditemui di Asia, termasuk Indonesia. Lalat ini meletakkan telurnya pada luka di tubuh ternak. Telur yang menetas menjadi ulat yang menyebabkan kerusakan, karena ulat-ulat ini mengeram dan makan di dalam daging seputar luka.  yang terjadi pada ternak ialah sering terjadi akibat perkelahian, kanibal, atau tergores benda tajam. Penyebab luka yang lain anatara lain seperti serangan caplak, serangga penggigit, atau perbuatan manusia akiabt operasi rutin, seperti kastrasi, pengecapan dan pemotongan tanduk..  cara penggunaan obat ini adalah terlebih dahulu mengkocoknya sebelum menyemprotnya dalam posisi tegak dengan jarak kurang lebih 10 meter dari luka dan semprotkan merata hingga basah.  biasanya obat ini mengandung antibiotik oksitetrasiklin.

No comments: