Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Sunday, December 30, 2012

Pengoprasian feed cart big dutchman


Baru-baru ini mesin-mesin telah tiba, penambahan kandang dengan jumlah karyawan yang tetap. Big Dutchman, si belanda besar berhasil menguntungkan pemilik peternakan dan mengurangi populasi pekerja yang memang sudah susah untuk mencari kerja lain.
mesin yang baru ini yang ketibaannya di cidahu bergerak dilayer, dengan kandang kapasitas 60000ekor, kandang batrenya terdiri dari 5 tingkat dan dibuat dalam 4 jajaran dimana setiap batre di isi ayam dengan jumlah 9 ekor ayam, dan setiap satu bagian terdiri dari 8 batre.  
setiap palung di perlengkapi dengan feed cart dimana setiap feed cart mempunyai nilai pembagian pakan tersendiri. Untuk itu pada saat melakukan pemberian pakan ini maka ada baiknya manager kandang melakukan evaluasi berapa gram per setelan per palung, termasuk volume feed cart itu sendiri.  Hal ini berguna untuk mengetahui setelan mana yang akan dipergunakan untuk menyesuaikan sekali jalan feed cart dengan kebutuhan ayam sehubungan dengan sekali jalannya feed cart bertujuan untuk pengisian feed cart itu sendiri dan beberapa kali jalannya feed cart tanpa pemasukan pakan dengan tujuan meratakan pakan. selain itu perlu juga diketahui berapa lama feed cart berjalan dari depan ke belakang dan berhenti dalam setiap operasinya.  jika semuanya siap maka baru dapat dijalankan dengan perhitungan yang tepat.
pada panel feed cart ada beberapa saklar, yaitu saklar otomatisasi umum, saklar otomatisasi fleks fey , dan feed cart.  jika otomatisasi belum rapih secara sempurna namun harus tetap memberikan makan ayam dengan sempurna dapat mempergunakan cara seperti yang saya lakukan di sini.  pertama-tama posisikan saklar otomatisasi umum untuk pengisiian dan feeder yang berada di posisi paling samping kiri, fleks fey di offkan terlebih dahulu, dan posisi feed cart berada pada posisi auto.  kemudian pastikan program feed anda dan program pencahayaan anda sudah di atur dan saling mendukung minimal sehari sebelum menjalankan feed cart termasuk kebutuhan pakan yang dibutuhkan perharinya dan stock yang ada di silo anda.  tentu saja isi auger harus diperhitungkan pada saat pengisian awal sebab auger mempunyai volume yang besar juga ditempat kerja saya auger memakan pakan 200kg.
setelah hal-hal diatas siap maka isi feed cart dengan memutar fleksfey sampai penuh. jika sudah penuh kembalikan saklar fleks fey ke posisi off.  ketika penuh bersiaplah datang minimal 10 menit sebelum mesin pakan ini beroperasi sesuai dengan program yang anda input kedalam dan saksikan apa yang terjadi di ruang  panel kontrol. pertama-tama lampu indikator feed cart akan berkedip pertama kemudian mati kemudian akan menyala terus dalam proses feed cart menuju kebelakang (Backward ) sambil meratakan makanan, setelah sampai, feed cart akan diam sejenak dengan tanda lampu indikatornya mati. setelah diam lampu indikator akan menyala lagi pertanda feed cart menuju kedepan sambil membagikan makanan.  pergerakan feed cart akan terus terjadi maju mundur sesuai dengan program yang anda tetapkan.  pastikan tamiya (bagian pembatas feeder dari bagian palung yang kosong) berada pada posisi yang tepat. jika tidak dapat menyebabkan keluarnya pakan dari palung.

No comments: