Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Wednesday, October 5, 2011

Rabies, Masihkah Sebagai Ancaman?

Jika merujuk kepada  CDC (Centers for Disease Control and Prevention ):"Setiap tahun di seluruh dunia, kasus rabies mengakibatkan lebih dari 55.000 kematian -. Kira-kira satu kematian setiap 10 menit, Sebagian besar kematian dilaporkan dari Afrika dan Asia dengan hampir 50% dari korban terjadi  pada anak-anak di bawah umur 15 tahun."
- CDC Hari Rabies Dunia

Rabies atau identik dengan sapaan penyakit anjing gila adalah penyakit zoonosis, penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia. Rabies disebabkan oleh  virus yang dapat menginfeksi semua mamalia, termasuk manusia. Paling umum, rabies ditemukan pada karnivora (pemakan daging hewan) dan kelelawar pemakan serangga.

Rabies berasal dari bahasa Latin, "to rage". Gambar klasiknya adalah seekor kelinci liar dengan busa di mulut yang siap menyerang apasaja dan segalanya (rabies marah).  tahap rabies lain adalah "rabies bodoh", halyang terlihat adalah hewan akan terlihat diam, namun mengeluarkan salivasi yang banyak dan akan mengalami kelumpuhan.

Penyebaran rabies biasanya melalui luka gigitan sebab virus ini hidup dalam air liur hewan yang terinfeksi, dan di masukkan ke dalam jaringan korban setelah korban mengalami gigitan. selain itu virus juga dapat menyebar melalui luka terbuka yang terkontaminasi oleh air liur yang mengadung virus rabies, atau air liur yang terinfeksi yang terpercik kedalam mata, atau selaput lendir lainnya.  penularan yang jarang terjadi melalui aerosol yang terpapar dengan virus rabies, misalnya jika gua yang dimasuki dihuni oleh kelelawar yang menderita rabies.

No comments: