Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Friday, October 14, 2011

Keracunan Obat Pada Kucing dan Anjing

Sering orang menganggap kucing seperti anjing kecil, hal ini salah besar. Kucing bukanlah anjing kecil. ketika mendapati anjing atau kucing kita kesakitan yang cukup menggangu hewan tersebut, kebanyakan orang akan memberikan obat apa yang biasa dipakai oleh manusia untuk menghilangkan rasa sakit layaknya manusia menghilangkan rasa sakit.  hal ini dapat berakibat fatal, khususnya jika diberikan obat yang mengandung aspirin dan asetaminofen.

Secara umum, tidak direkomendasikan  pemberian obat aspirin untuk kucing. Kucing jauh lebih sensitif terhadap aspirin daripada anjing atau manusia. Kucing tidak dapat memetabolisme aspirin secepat anjing (atau manusia), dan dengan demikian, kucing dapat dengan mudah mengalami  overdosis akibat akumulasi obat dalam tubuh.  Kalaupun terpaksa diberikan, Berbeda dengan anjing dan manusia, kucing biasanya diberikan dosis yang lebih kecil pada interval 48-72 jam.

Aspirin adalah golongan obat yang disebut NSAID - Non steroidal anti-inflammatory Drugs, pada anjing dapat menyebabkan efek gastrointestinal, nyeri, perdarahan, dan ulserasi  olehkarena itu biasanya pemberian obat ini pada anjing diberikan berbentuk aspirin salut (aspirin yang diberi lapisan khusus untuk mengurangi effek gastrointestinal). selain itu pemberian Aspirin dapat menyebabkan cacat lahir (teratogenik), jadi tidak direkomendasikan pemberiannya kepada hewan bunting.
Interaksi dengan obat lain juga perlu di perhatikan. terutama interaksi aspirin dengan  cortisones, digoksin, beberapa jenis antibiotik, Fenobarbital, dan Furosemid (Lasix ®) .2
Dalam pemberian obat penghilang rasa sakit, sebaiknya diberikan atau dilakukan oleh dokter hewan, kalaupun situasi tidak memungkinkan untuk demikian setidaknya hubungi Dokter Hewan praktek untuk mendapatkan petunjuk yang akurat tepat sehingga anjing dan kucing anda selamat.
Selain  obat generik diatas pemberian  Tylenol ® dan Advil ® tidak dianjurkan juga untuk diberikan ke anjing dan kucing

No comments: