Saat ini membidik pasar Pet Food semakin seru. beberapa pemain terdahulu sudah mencicipi betapa nikmatnya keuntungan dari importir petfod. selain perijinan yang tidak ketat, iklim pehobies dengan trend yang ada cukup mengairahkan.
beberapa pemain yang cukup dikenal adalah Nestle, Sukandi, guyofeed ,Matahari, Rofaca ,HMI ,Centra Proteina Prima, dan lain lain.
untuk bentuk pasaran petfood terbagi dua kelas secara umum. pet food untuk kebutuhan khusus dan pet food untuk kebutuhan umum.
pet food untuk kebutuhan khusus biasanya petfood yang diberikan dengan spesifikasi kepentingan seperti breed, status kesehatan, umur, lokasi dan tempat hidup dan lain lain. kelas ini masih di isi the one and only Royalcanine. jadi pasarannya tidak ada yang menggeser. walaupun Hills mencoba membayangi namun menurut saya belum menjadi ancaman sampai saat ini (8/12/2015). di tahun 2012, merek dagang ini sempat menembus penjualan 73 milyar setahun, kemungkinan sekarang sudah diatas itu. dengan kentungan di level distributor sebanyak 40-55 persen, maka dapat di pastikan berapa keuntungan di tangan distributor setelah dipotong 30 % keuntungan yang dipakai sebagai biaya promosi brending dan lain lain. jalur marketingnya mengunakan jalur dokter hewan praktek hewan kecil.
Pet food untuk kebutuhan umum adalah petfood yang diperjualbelikan di Petshop. Pet food jenis ini di bagi tiga kelas, kelas ekonomi, premium, dan super premium.
kelas super premium adalah kelas dimana petfoodnya berisi bahan yang berkualitas, kelas premium adalah petfood dimana petfood tersebut mengandung komposisi feedgrade. sedangkan Pet food ekonomis adalah petfood yang mengadung unsur unsur pakan standar, biasanya mengandung banyak karbohidrat.
Tipe marketing untuk ketiga produk ini rata-rata dengan mempergunakan agen agen besar sebagai distributor kedaerah daerah sehingga memotong biaya distribusi dan mempermudah penetrasi produk dilapangan. budaya direkomendasikan merupakan budaya yang lazim di kalangan pet Food
Penetrasi Pet Food di Indonesia
penetrasi Pet food umum diindonesia dapat dilakukan sebagai berikut
1. Mengenal segmentasi produk.
2. Mengenal agen agen besar Pet Food
3. Mengenal program program yang menguntungkan distributor atau agen.
Mengenal segmentasi Produk
Ekonomis, premium, atau super premium. untuk memulai operasi di Indonesia, ada baiknya memulai dengan pakan ekonomis terlebih dahulu, tujuannya untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. bagi sampel pakan dengan mudah dan murah. berujung kepada pemakaian yang meluas. sudah masuk pasar ekonomis, baru dilanjutkan dengan segmentasi premium dan super premium. agen biasanya lebih mudah menerima barang yang sudah di kenal.
Mengenal Agen Agen Besar
tujuannya adalah agar agen-agen besar ini dapat menyebarkan barang ke sub agen yang akan meneruskannya ke sub sub agen lain
Mengenal program marketing
perusahaan harus mengusahaakan memperkenalkan produknya dengan cepat sehingga membantu agen besar dalam menjual produk barang Pet Food baru salah satunya dengan mengikuti program program besar pecinta hewan dll. selain itu sediakan program diskon tingkat agen, bantuan diskon buat sub agen untuk agen besar. memberikan program target pertahun 3-5% uang balik, dan untuk membantu pencapaian target tahunan dapat diberikan target per empat bulan berupa barang produk atau uang.
program ini terus dilakukan dan di modivikasi untuk mengairahkan penjualan Pet Food anda sebab jika tidak agen akan menyampingkan produk anda.
No comments:
Post a Comment