Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Monday, November 5, 2012

Anthraks


Anthraks adalah penyakit menular akut yang disebabkan bakteria Bacillus anthracis yang sangat mematikan dalam bentuknya yang paling ganas yaitu spora. Di alam, Anthraks dapat menyerang herbivora-herbivora, walau pun juga dapat menjangkiti manusia karena terekspos oleh hewan-hewan yang telah dijangkiti terlebih dahulu baik dalam keadaan hidup maupun mati.  Terdapat empat jenis Anthraks yaitu Anthraks kulit, Anthraks pada saluran pencernaan, Anthraks pada paru-paru dan terakhir Anthraks  bentuk meningitis. Penyakit zoonosis yang menular dari hewan ke manusia ini biasa ditularkan kepada manusia karena disebabkan terpapar bagian hewan penderita poenyakit ini. jadi melalui kontak dengan kulit terbuka, atau terhirup atau termakan apora bakteri ini dalam jumlah infeksius maka akan menyebabkan hewan atau manusia penderita akan terkena penyakit anthraks.
Spora yang dibentuk oleh bakteri ini mampu bertahan puluhan sampai ratusan tahun.  Di Indonesia  beberapa kali heboh mengenai kasus Anthraks seperti  kasus kematian burung onta di Purwakarta sekitar sepuluh tahun lalu yang menghebohkan dan menjadi perhatian dunia internasional. selain itu  kasus daging kambing dari Bogor. 
Biasanya bagi individu yang terpapar gejala yang terlihat adalah adanya luka yang berwarna kehitaman karena di tengah lesi tersebut terjadi kematian sel dan mengering, tidak ada rasa sakit, dan disertai cairan pada setiap kelenjar pertahanan tubuh. Bentuk ini dapat mengakibatkan kematian jika terjadi sepsis  yaitu dimana pembengkakan tersebut pecah yang dikenal dengan pesdar, kempes modar.  pecahnya pembengkakan ini diikuti demam tinggi. Pengobatan dengan antibiotika akan mengurangi kasus kematian.
Pengobatan dengan antibiotik berjenis Penisilin merupakan obat pilihan yang dapat digunakan untuk menanggulangi Anthraks pada manusia.  Beberapa antibiotika yang bisa digunakan berdasarkan hasil riset pada hewan percobaan dan menunjukkan hasil yang baik adalah doxycycline dan ciprofloxacin.

No comments: