Friday, July 20, 2012

Sterilisasi pada anjing dan kucing.

Sterilisassi dapat dilakukan pada anjing dan kucing baik pada jenis kelamin jantan dan pada jenis kelamin betina. Biasanya sterilisasi dilakukan untuk menghindari beranak pinaknya anjing atau kucing anda secara berlebihan. Selain untuk alassan populasi kucing atau anjing kucing anda biasanya kaastrassi juga dilakukan untuk alas an mengurangi perilaku yang berhubungan dengan keganasan dan tingkahlaku penandaan yang berhubungan dengan keadaan siklus hormonal anjing atau kucing anda.  Misalnya pada anjing atau kucing jantan.  Perilaku penandaan wilayah yang dilakukan hewan jenis kelamin jantan ini untuk sebagian orang sangat menggangu walaupun untuk sebagaian pehobi orang lagi tidak terlalu mengambil pussing sehubungan dengan kecintaan mereka.  Atau anjing atau kucing betina yang biasanya jika menemukan penandaan yang dilakukan oleh kucing atau anjing jantan juga melakukan tindakan yang sama yang bertujuan untuk memberikan informassi mengenai status siklus estrus mereka.  Dengan kata lain salah satu bentuk komunikasi yang dipakai oleh anjing dan kucing adalah melalui air kencing mereka.
Untuk anjing dan kucing jantan steril ini dapat dilakukan dengan lebih mudah sebab kedua organ penghasil sperma mereka berada diluar tubuh.  Beda halnya dengan aning atau kucing betina. Sterilisassi sedikit lebih lama kesembuhannya sebab operasi yang dilakukunan  mem buka rongga perut.  Pembukaan ini memakan waktu untuk mendapat kesembuhan terhadap luka bekas oprasi.
Ada beberapa pendapat mengenai sterilisasi ini.  Kapan sebaiknya anjing atau kucing anda disterilisasi.  Beberapa pendapat sterilisassi dilakukan sebelum masa dewasa kelamin atau ada juga yang berpendapat sterilisasi dilakukan sesudah dewasa kelamin.  Untuk pendapat pertama biasanya memmakai alas untuk menghilangkan semua perilaku yang berhubungan dengan reproduksi sedangkan pendapat kedua karena memanusiakan kucing dan anjing.  Orang-orang yang berpendapat pada pendapat kedua beralasan bahwa sebaiknya anjing atau kucing anda diberikan kesempatan untuk merasakan perilaku seksual mereka  sebelum di sterilisasi.
Sterilisasi berkaitan dengan hormone sex.  Hormone seks ini berkaitan dengan keaktivan anjing dan kucing anda.  Intinya jikalau anda melakukan sterilisassi ada baiknya ada menyesuaikan makanan mereka. Berikan makanan-makanan yang dikususkan untuk anjing atau kucing yang disterilkan.  Semua ini untuk menghindari kegemukan yang merupakan salah satu efek samping dari penurunak keaktivan anjing kucing anda akibat ketidak hadiran hormone kelamin tersebut.

No comments: