Tuesday, July 24, 2012

Kebuntingan pada Anjing

Sering pemilik tidak menyadari bahwa anjing mereka khususnya anjing betina memiliki waktu tertentu saat mereka menerima anjing jantan untuk mendekati mereka.  dan biasanya jika tidak teramati maka akan terjadi perkawinan yang dapat menyebabkan kebuntingan yang akan berjalan dalam waktu kuranglebih 60 hari.

jikalau kejadian diatas terjadi dan anjing mngelami kebuntingan maka beberapa hal yang dapat ditemukan pada anjing tersebut adalah sebagai berikut. pada awalnya yang terlihat adalah penurunan nafsu makan, dan mudah letih.  hal ini disebabkan karena perubahan tingkatan hormon yang betujuan untuk pengkondisian embrio hasil perkawinan tadi.  selain kelemahan umum sejalan dengan kebuntingan anjing, daerah perut yang biasanya datar pada anjing betina yang sehat akan mulai terlihat berisi.  selain perut yang berubah, perubahan juga dapat terlihat adalah puting susu.  puting susu dan keleenjar susu akan terlihat mulai berkembang.  

Satu bulan kebuntingan akan ditandai dengan mulai naiknya nafsu makan induk anjing dan jika anda menyentuh perut anjing dengan lembut maka akan terasa terjadi perubahan pada perut tersebut. perut akan terasa lebih tebal dan ketat.  untuk lebih jelasnya jika anda ingin memastikan, saat inilah terbaik untuk memeriksakan anjing anda untuk mengetahui apakah dia bunting normal atau gejala penyakit lain seperti pyometra dan lain-lain.  konsultasikan kepada dokter hewan kepercayaan anda.

pada minggu-minggu terakhir masa kehamilan biasanya yang paling terlihat adalah kondisi perut anjing yang sudah tanpak jelas berisi yang tentunya dihubungkan dengan jumlah anak anjing yang berada dalam rahim anjing tersebut selain itu akan terlihatnya keluarnya air susu dari kelenjar kulit susu anjing baik secara alami atau akibat rangsangan akibat pemijitan yang biasa dilakukan oleh pehobies anjing untuk memperkirakan kapan ajing tersebut partus/beranak/melahirkan.

kalau ada keraguan, silahkan konsultasi dengan dokter hewan kesayangan anda. jika anda adalah peminat anjing yang pertama kali menunggu kelahiran anak anjing ada, ada baiknya ada melakukannya dengan bantuan pengamatan dokter hewan, sekaligus belajar untuk mengamati apa yang seharusnya dapat dilakukan sebab pada dasarnya anjing dapat melahirkan sendiri dan membersihkan plasenta.  untuk-kasus-kasus klinis harus mendapatkan bantuan dari dokter hewan.

No comments: