Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Wednesday, April 15, 2009

ONE WORLD, ONE HEALTH



ONE WORLD ONE HEALTH, ONE MEDICINE, SETUJU BANGGEEETTTSSS...


Konsep yang mempersatukan kesehatan secara umum yang akrab di telinga dengan istilah OWOH sudah seharusnya diterapkan di indonesia. disini semua dilihat dalam bentuk kesatuan yang utuh, tidak terpecah-pecah apalagi perpecahan tersebut hanya akibat ego yang biasa terjadi di Indonesia.

Menurut Prof. David Waltner- Toes dari Guelph University, bentuk sistem seperti ini saudah teruji manjur pada wilayah Asia dan Afrika. disini semua ahli yang bergerak dibidang yang bersangkutan dengan kesehatan dan lingkungan dibiasakan untuk bekerjasama untuk menyelesaikan hal-hal yang menyangkut kesejahteraan manusia dibidang kesehatan. di Indonesia situasi ini belum terlihat dengan nyata. pada kasus flu burung misalnya, selalu terlihat sekat yang amat jelas terlihat dalam penanganan masalah ini di lapangan. apalagi mengajak ahli lingkungan untuk nimbrung berdiskusi dan memberi pandangan dari segi keilmuannya. menyedihkan.

Kalau kita lihat lebih dalam lagi, dan tentunya kembali berpikir luas dan mengesampingkan ego, perlunya kerjasama antara dokter hewan dan dokter manusia harus disinergiskan jika ingin mendapatkan hasil maksimal. misalnya terkait penanganan zoonosis dan foodborne zoonoses. hewan dan manusia sama-sama bisa jadi korban atau sama-sama bisa jadi penular penyakit tersebut.

Di indonesia sudah anda Forum-forum yang mungkin dapat di fungsikan sebagai tempat urung rembuk mengenai kesehatan hewan seperti Forum mahasiswa peduli flu burung yang didorong oleh KOMNAS, IMAKAHI dll. dimanusia juga melakukan hal yang sama. menurut hemat saya, sebaiknya tidak usah terlalu bayak forum-forum yang mengidentikkan dengan semakin kecilnya fungsi. saya cendrung memperbesar fungsi. atau memaksimalkan fungsi.

Kembalilagi, hal ini cuma masalah ego. untuk saat ini saya melihat ada baiknya kita menyamakan kepentingan, yaitu kesehatan buat seluruh bangsa indonesia. robek ego-ego yang menyekat mulut untuk berdiskusi danlam drajat yang sama dan tidak saling menghujat. menekan semua perbedaan sumber ego dan menyuburkan segala kesamaan yang akan memperkokoh rasa saling membutuhkan.

Jayalah Bangsaku Indonesia.
Merdekaaaaaa...


No comments: