Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Monday, February 22, 2016

Pengobatan Anjing Tanpa Dokter Hewan?

Kadang pengobatan terhadap Anjing sering dilakukan oleh pehobies sendiri tanpa menghubungi dokter hewan. dalam hal ini dokter hewan dapat di jangkau dan harga terjangkau sering terjadi. 
Memelihara hewan khususnya anjing sangat berguna untuk kesetabilan emosi yang tidak dapat diperoleh dengan berkomunikasi dengan manusia.
sebenarnya sangat tidak di anjurkan untuk pengobatan kepada penyayang hewan sebab kesalahan pengobatan dapat menyebabkan bahaya buat anjing anda atau bahaya buat anda sendiri.  contohnya tiba tiba anjing anda didapati mulut berbusa dan terlihat banyak luka disekitar mulutnya, ketika anda mendekati, anjing tersebut menyerang dan dapat dipastikan jika anda tergigit maka akan terkena rabies akibat gigitan anjing mulut berbusa tersebut. resiko yang anda jalani lebih besar dari pada sekedar membayar jasa dokter hewan.
tapi jikalau pada saat kejadian  tidak di temukan dokter hewan yang bisa berkompromi dengan keadaan anda yang setahu saya jarang seperti itu, anda dapat mempergunakan beberapa obat obatan yang dapat membantu meringankan penyakit di anjing anda.
1.  Aspirin   10 mg /kg BB 3 x sehari  untuk anti bengkak dan peradangan
2. Vit B injeksi    0.5-2ml   digunakan untuk memperbaiki metabolisme (penambah nafsu makan)
3. Benadryl  4 mg / kgBB 3x sehari buat alergi, seperi gatal, atau alergi makanan dan lain-lain
4.hydrogen perokside .. buat rangsangan muntah untuk kasus keracunan 5-10ml per 15 menit.  untuk luka yang sudah tidak terawat, dipakai secukupnya.
5.epineprin 1:1000, 0.5 ml , digunakan untuk anti sengat atau gigitan serangga
6.mineral oil 4 sendok makan setiap hari, buat susah buang air atau biasa disebut konstipasi
7.canbon avtive (neurit) untuk diare ayng tidakberhenti 5-20 biji. per sekali makan.
 untuk antibiotik sebaiknya dilakukan oleh dokter hewan saja agar lebih tepat dosisnya,


No comments: