Pengumuman

Tolong follow dan click iklan buat saya jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, terimakasih atas kebaikan anda. any comment? send to taringdoberman@yahoo.com

Thursday, January 10, 2013

tips mendekati kucing yang sedang terluka secara aman

Sebagai pecinta kucing sudah tentu jika kucing anda mengalami kecelakaan maka secara naluri akan berusaha menolong kucing anda, namun seperti yang kebanyakan pemilik kucing yang sudah berpengalaman, menolong kucing yang sedang terluka dapat menyebabkan kecedraan yang sama terhadap pemilik karena naluri bertahan hidup yang dimiliki oleh kucing.  kucing yang teruka biasanya akan menyerang siapa saja dan apa saja yang berusaha mendekatinya, walaupun yang mendekatinya itu pemilik yang sangat disayanginya.
Kucing sejinak apapun tetap memiliki kemampuan dan kemungkinan untuk menggigit dan mencakar jika dalam posisi ketakutan dan kesakitan yang ekstrim.
BJika kejadian seperti diatas terjadi terhadap kucing kesayangan anda, sebelum menolong anda harus menilai situasi yang menimpa kucing kesayangan anda tersebut demi kseselamatan anda.  jika anda terluka tentunya penyelamatan kucing tidak efisien lagi.  Misalnya ketika kucing tersebut mengalami kecelakaan akibat di sergap oleh hewan lain, ada baiknya anda mempersenjatai diri dulu sebagai alat pertahanan jika hewan lain yang sedang mencedrai kucing anda berbalik menyerang anda, dan lain hal sebagainya.  jangan ragu memanggil teman untuk memastikan keamanan anda yang berujung kepada keamanan kucing kesayangan anda.
Contoh lain adalah jika  kucing anda terkena bahan beracun, pastikan anda memakai perlengkapan yang mampu menghindari anda dari resiko ikut terkenanya racun kepada anda.
Jika anda  sudah memastikan keselamatan anda kemudian amati bahasa tubuh kucing yang mengambarkan kesakitan daerah asal kesakitan dan tingkat kewsakitan yang mereka rasakan.  hal ini di kombinasikan dengan mengartikan suara-suara yang dihasilkan kucing anda.  kemudian setelah menganalisa keadaan kucing, segera sapa kucing tersebut dengan suara yang lembut secara berlahan-lahan dan jangan menatap mata langsung.  sebab dalam dunia hewan, menatap mata langsung berarti mengancam.  jika berhasil segera berikan pertolongan pertama seperti memposisikan kucing ke posisi yang lebih nyaman sambil menunggu bantuan datang atau anda sendiri yang membawa kucing tersebut ke dokter hewan praktek terdekat.
Beberapa bahasa tubuh  yang dapat terlihat pada kucing seperti :
1.  Meratakan telinga sama dengan tinggi kepala
2.  mengeluarkan suara ancaman sambil memperlihatkan giginya.
3.  Posisi bertahan dengan badan kebawah dan kaki-kaki keatas.
4.  membuat tubuhnya membungkuk siap menerkam
5.  posisi bulu punggung berdiri.
Jika semua yang sudah dianjurkan diatas sudah anda lakukan namun keadaan tidak memungkinkan untuk menolong kucing anda secara langsung, segera hubungi dokterhewan terdekat untuk memberikan pertolongan. 

No comments: